Profil

I. LATAR BELAKANG

Di Indonesia, 39% air minum perkotaan terkontaminasi oleh coliform fecal. Berdasarkan statistic kesehatan Indonesia, penyakit yang disebabkan oleh air masih menempati peringkat 3 besar. Tiap tahun dilaporkan sekitar 100.000 kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan air.

Suhu yang tinggi (kira-kira 280C) menyebabkan pertumbuhan bakteriologis di reservoir dan sistem distribusi lebih cepat hingga berkali-kali, intensif penggunaan bahan kimia dalam segala aktivitas manusia meningkatkan risiko pencemaran sumber air mentah (baku).

Upaya peningkatan kesehatan melalui penyedian air yang cukup dan aman bagi kesehatan merupakan tugas multi sektoral yang meliputi :
  • Perlindungan sumber air baku 
  • Pengolahan dan distribusi air oleh perusahaan air minum 
  • Pengawasan kualitas air 
  • Kerangka hukum dan teknis yang disusun oleh lembaga legislatif dan eksekutif 
  • Keterlibatan/partisipasi masyarakat 
Ada suatu kebutuhan untuk memulai suatu mekanisme dialog antar semua stakeholder (pemangku kepentingan), yang dapat menjamin suatu kerjasama yang efektif dan efisien untuk menyediakan layanan air minum yang aman dan sehat untuk masyarakat.

Saat ini, dikarenakan tidak ada kerangka dan adanya perbedaan di dalam menganalisa masalah air minum, menyebabkan kegiatan terlaksana dengan tidak adanya koordinasi dan sempitnya pandangan.

Dengan dukungan dan bantuan pemerintah Jerman untuk kegiatan Pengawasan Kualitas Air Minum (GTZ-DWQS Proyek), FORKAMI didirikan pada bulan Juli 2000. Sekarang ini, keanggotaan FORKAMI terdiri dari individu yang bekerja di bidang manajemen kualitas air minum, independen profesional dan tenaga ahli, dan berdasarkan status non hierocratic.

II. TUJUAN

“Mengumpulkan dan memfasilitasi para profesional dalam bidang manajemen kualitas air minum dan bidang terkait yang mempengaruhi kualitas air minum, untuk mengkontribusikan keahlian mereka di dalam upaya mencapai air yang aman dan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.“

III. VISI dan MISI

Visi
“Selamatkan dan sediakan air minum yang sehat untuk masyarakat”

Misi
  1. Memberikan masukan kebijakan dan strategi di bidang manajemen kualitas air. 
  2. Memberikan pedoman teknis dan menyediakan informasi yang relevan di bidang manajemen kualitas air. 
  3. Menjalin komunikasi diantara para pihak: pemerintah, non pemerintah, dan para ahli di sektor air. 
IV. RUANG LINGKUP

Lingkup kegiatan :
  • Memelihara kesatuan dari semua anggota potensial 
  • Meningkatkan dedikasi dan peran dari tiap anggota ke masyarakat dalam manajemen air minum
  • Melakukan studi, riset dan kapasitas yang membangun dari tiap anggota dalam bidang kualitas air minum 
  • Melakukan pelatihan untuk perorangan /staf untuk analisa laboratorium, auditor untuk fasilitas pelatihan dan fasilitas lain yang berhubungan dalam bidang menajemen kualitas air minum 
  • Melakukan sertifikasi pada fasilitas, staf, produk, jasa dan lain aktivitas berhubungan dengan manajemen kualitas air minum 
  • Melakukan fasilitas akreditasi yang berhubungan dengan manajemen kualitas air minum 
  • Meningkatkan kerjasama dengan organisasi nasional dan institusi internasional
English Version




Download File PDF Profile FORKAMI

0 komentar:

Posting Komentar