Rabu, 08 Maret 2017

Persiapan Menjelang Program SAS Periode ke-8

Bersama Johnson & Johnson tak terasa program Sahabat Air dan Sanitasi (SAS) telah memasuki periode yang ke-8. Segenap persiapan telah direncanakan demi kelancaran program. Kali ini, sekolah yang akan dilibatkan sebagai peserta program berjumlah 44 sekolah. Untuk itu dibentuk sebuah tim khusus yang mengurus seluruh kebutuhan persiapan program.
Tim yang dipilih berjumlah 7 orang yang terbagi lagi menjadi tiga kelompok kecil. Masing-masing kelompok bertugas men-survei sekolah-sekolah yang memenuhi syarat  untuk mengikuti program. Setelah masing-masing tim mensosialisasikan dan mengadakan wawancara seputar program dengan Kepala Sekolah, maka bagi sekolah yang berminat diminta untuk menandatangani draft persetujuan mengikuti program yang telah disediakan oleh tim survei. Dari hasil survei tersebut, diperoleh  44 sekolah (Jakarta Pusat : 8 Sekolah, Jakarta Utara : 4 Sekolah, Jakarta Barat : 5 Sekolah, Jakarta Selatan : 9, Jakarta Timur : 10 dan Kota Depok : 8 Sekolah) yang bersedia ikut dalam program periode ke-8 ini.
         
Langkah selanjutnya tim survei akan kembali ke sekolah tersebut untuk mengadakan seleksi siswa yang akan dipilih menjadi sahabat air dan sanitasi. Seleksi siswa yang dilaksanakan di tiap sekolah peserta program melibatkan 10-15 siswa kelas 5 terbaik nya untuk mengikuti tes intepretasi gambar. Setelah itu penilaian terhadap calon SAS dilaksanakan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Salah satu kriteria terpenting adalah siswa yang memiliki keberanian mengeluarkan pendapatnya di muka umum dengan percaya diri. Berdasarkan hasil penilaian yang diolah oleh tim survei, maka terpilihlah 5 siswa kelas 5 terbaik sebagai SAS yang akan mengikuti pendampingan secara rutin selama 5 bulan kedepan.


         

Dengan terpilihnya 5 sahabat air dari masing-masing sekolah, maka tugas tim persiapan program telah selesai. Setelah itu, perjalanan program ini selanjutnya akan diteruskan oleh 11 fasilitator terpilih yang masing-masingnya memegang tanggung jawab terhadap 4 sekolah yang berbeda.


0 komentar:

Posting Komentar