Rabu, 08 Maret 2017

Monitoring dan Evaluasi SAS Periode ke-8

Kamis, 9 Februari 2016 adalah saat yang dinanti-nanti oleh seluruh peserta program sahabat air dan sanitasi periode ke-8. Betapa tidak, karena hari itu merupakan hari penutupan program sekaligus hari pertama para sahabat air dan sanitasi berkumpul saling tatap muka satu sama lain. Jika sebelumnya masing-masing sekolah menyelenggarakan pendampingan di wilayah sekitar sekolah saja, maka pada hari itu seluruh nya dipertemukan dalam aula Gelanggang  Remaja Rawamangun untuk mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi program dari awal hingga akhir.
Sejak pukul 7 peserta sudah mulai berdatangan satu persatu memenuhi aula. Setelah mengisi daftar hadir, para SAS diajak untuk bermain games sampah sambil menunggu peserta lainnya. masing-masing SAS diberikan satu buah jenis sampah, lalu mereka diminta untuk menggolongkan jenis sampah tersebut dan menempelkannya  pada salah satu gambar tempat sampah bertuliskan organik, anorganik dan B3. Di pinggir kanan dan belakang  aula juga telah disediakan pojok exhibition yang menyajikan berbagai media pendampingan, media kampanye juga berbagai hasta karya dan poster kreasi Sahabat Air dan Sanitasi.
                     2
Selain 44 sekolah peserta program, hadir juga perwakilan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Kota Depok. Acara dibuka dengan pengumuman tiga sekolah terbaik, yaitu SDN Kalimulya 4 Depok, SDN Pegadungan 11 Pagi Jakarta Barat dan SDN Manggarai Selatan 03 Pagi Jakarta Selatan. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan performance dari  11 kelompok. Berbagai macam kreatifitas yang diambil dari tiga tema besar materi pendampingan, yaitu air, sanitasi dan sampah, para sahabat air dan sanitasi tampil dengan berani dan memukau. Kegiatan selanjutnya diisi dengan perlombaan membuat mading yang juga diikuti oleh 11 kelompok dengan formasi yang dirubah dari 11 kelompok performance sebelumnya. Hal ini dilakukan agar pesera memiliki waktu untuk saling mengenal satu dengan lainnya dengan kelompok yang berbeda dari sebelumnya. Setelah mading selesai di buat, masing-masing penanggung jawab kelompok mading mempresentasikan hasil karya madingnya kepada para juri untuk ditentukan pemenangnya. Acara berakhir pada pukul 13.00 yang ditutup dengan pengumuman lomba poster, performance, mading serta pembagian makan siang. Selamat jumpa lagi! selamat menjadi agen perubahan lingkungan cilik!
5 performance sas (4) lomba mading sas (3)


0 komentar:

Posting Komentar