Rabu, 08 Maret 2017

Menyebar Manfaat Melalui Pembagian Flyer

Secara garis besar, sasaran program ini dibagi menjadi dua yakni, sasaran langsung (kepala sekolah, guru pendamping, 5 SAS) dan sasaran tidak langsung (siswa selain SAS, guru, orang tua SAS, orang tua siswa selain SAS, anak-anak kelompok  usia 5-9 dan kelompok usia 10-20, orang dewasa, penjaga kantin juga penjaga sekolah).  
Untuk mencapaiseluruh  target sasaran program, pada periode ke-8 ini, selain berkampanye disekitar sekolah sahabat air dan sanitasi juga turun lapangan melakukan penyebaran informasi ke masyarakat diluar sekolah dengan membagikan flyer berisikan informasi tentang konten program. Masing-masing tim SAS yang seluruhnya berjumlah 44 tim, mendapatkan 350 flyer untuk dibagikan kepada target sasaran penerima manfaat program di lapangan.
Tugas turun lapangan ini dibagi menjadi dua kali waktu yang berbeda, yaitu diawal bulan November serta di pertengahan bulan Desember. Lokasi pembagian flyer di antaranya sekitar lingkungan sekolah, pasar, puskesmas, pemukiman warga, mall, taman, dll. Dengan didampingi oleh kakak fasilitator, SAS terlihat sangat antusias membagiakan flyer tersebut pada setiap sasaran yang mereka temui. Selain mencatat usia dan jumlah dalam tabel yang telah disediakan, mereka juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi saat menjelaskan tentang program ini secara singkat dan jelas pada target sasaran. Tujuan pencatatan data penerima flyer adalah untuk mengontrol apakah flyer yang dibagikan telah sesuai dengan target kelompok usia yang telah ditetapkan sebelumnya.
                             03
Harapannya dengan telah dibagikannya flyer(±4500 flyer) tentang program kepada masyarakat umum, maka akan semakin banyak kesempatan yang terpapar informasi mengenai pentingnya pelestarian air dan juga menjaga sanitasi diri & lingkungan. Sebab permasalahan tentang air dan sanitasi ini akan segera dapat teratasi dengan tumbuhnya kesadaran pada masyarakat umum untuk sama-sama berupaya menjaga lingkungan sekitar layaknya yang sedang dilakukan oleh para sahabat air dan sanitasi saat ini.

                    page 3

0 komentar:

Posting Komentar