Rabu, 08 Maret 2017

Cerita Tentang CTPS Bersama Abelita (SAS Kenari 03 Pagi Jakarta Pusat)

Huana Kheysa Abelita atau biasa di sapa Abel, adalah salah satu Sahabat Air dan Sanitasi (SAS) dari SDN Kenari 03 Pagi yang telah menerapkan cara hidup sehat dengan “cuci tangan pakai sabun” (CTPS). Sebelum mengikuti program SAS, siswi kelas 5 SD ini belum terbiasa mencuci tangan secara rutin. Namun setelah mengetahui informasi mengenai cara cuci tangan yang benar serta lima waktu penting melakukannya pada saat pendampingan, Abel mulai menerapkan secara rutin perilaku tersebut tidak hanya disekolah namun juga dirumah.

                          
Abel menyatakan bahwa ia baru mengetahui bahwa ada waktu-waktu penting CTPS setelah mengikuti pendampingan selama menjadi Sahabat Air dan Sanitasi. Waktu-waktu penting yang dimaksud adalah sebelum makan, setelah dari toilet, setelah bermain, setelah memegang benda kotor serta setelah memegang hewan piaraan dan kotorannya.
Abel juga mengajarkan cara CTPS ini kepada anggota keluarganya dirumah dan mereka sangat tertarik serta mendukung untuk melakukan hal ini secara rutin dirumah. Dampak dari rutin melakukan CTPS ini, Abel dan keluarga jadi lebih sehat dan jarang sakit dalam waktu yang lama seperti sebelumnya.
                         
Menurut  Abel, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang diajarkan pada program SAS sangat mudah dilakukan, dimulai dari telapak tangan dan diberi sabun, menggosok antara sela jari, lalu dibelakang tangan, gosok juga ibu jari satu persatu kemudian dilanjutkan di belakang tangan, lalu bersihkan kuku dengan mengettukkannya pada telapak tangan, sentuhan terakhir kedua pergelangan tangan lalu bilas dan keringkan. Tahapan-tahapan ini selain langsung dipraktekkan pada saat pendampingan, juga diajarkan dalam bentuk nyanyian yang menyenangkan, sehingga Abel merasa mudah memahami dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan CTPS: Tangan bersih, kuman mati dan tubuh menjadi sehat!


0 komentar:

Posting Komentar