Selasa, 29 Maret 2016

Warna-warni Karya Sahabat Air dan Sanitasi

Untuk urusan menghasilkan karya, hampir seluruh sahabat air dan sanitasi sangat antusias dalam menyumbangkan ide-idenya yang cemerlang. Berbagai informasi baru tentang kondisi bumi dan isinya telah membuat mereka merasa tertantang untuk ikut andil dalam aksi penyelamatan lingkungan. Berbagai celoteh dan pendapat mereka seputar pelestarian air dan bagaimana meningkatkan sanitasi dalam kehidupan sehari-hari telah di rangkum dengan penuh warna dalam bentuk karya berupa cerita, poster dan juga puisi.

_MG_4399            _MG_4397

kepedulian yang besar terhadap kondisi lingkungan kita saat ini. Dalam karyanya, sahabat air dan sanitasi tak hanya bergerak melaksanakan aksi-aksinya sendiri, namun juga telahmengajak kita semua untuk ikut bergerak bersama-sama. 

Keberanian menuangkan ide dan gagasan dalam berbagai bentuk ini patut di apresiasi secara positif terutama oleh lingkungan sekolah. Karena, tidak semua anak yang telah tahu tentang kondisi lingkungan kita saat ini mau ikut peduli melestarikannya. Tugas yang mulia menjadi agen perubahan lingkungan cilik telah memotivasi diri mereka untuk memberikan contoh yang nyata dalam keseharian. Mereka tak segan lagi untuk memungut sampah, mematikan keran yang tak terpakai ataupun berkreasi dengan barang bekas yang bisa di daur ulang. Semua aksi yang telah mereka lakukan itu dituangkan dengan kreatif dalam berbagai karya. Masing-masing anak memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam merancang karyanya. Keberagaman karya yang dihasilkan justru memperkaya pemahaman anak-anak tentang hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk bersama-sama melestarikan lingkungan. Karya-karya ini merupakan bukti yang nyata dari rasa

_MG_4398

Untuk mengapresiasi karya –karya tersebut, maka pada acara monitoring dan evaluasi sebagian karya yang telah diseleksi, dipamerkan pada spot karya anak. Salah satu sahabat air dan sanitasi, dalam artikelnya berpendapat “Air merupakan sumber kehidupan, tanpa air semua kehidupan di bumi tidak terbayang apa jadinya. Karena sangat penting, maka kita perlu mengetahui cara penghematan dan melindungi sumber mata air dari pencemaran”.  Di sudut lainnya beraneka ragam posterajakan cuci tangan pakai sabun, ajakan hemat dan lestarikan air juga dipamerkan dengan kemeriahan yang tak kalah menarik. Spot karya anak ini cukup berhasil mencuri perhatian para peserta acara Monitoring dan Evaluasi 2016. Terbukti dengan banyaknya peserta yang ingin melihat langsung karya-karya tersebut di setiap kesempatan yang mereka temui. 

0 komentar:

Posting Komentar