Selasa, 29 Maret 2016

Sudut Pandang SAS terhadap program

Tujuh periode telah dilalui dengan semangat yang terus diperbaruhi. Berbagai evaluasi telah dilaksanakan demi kemajuan program. Untuk mengetahui sejauh mana program ini meninggalkan kesan pada sahabat air dan sanitasi, maka beberapa sahabat air dan sanitasi diminta untuk menceritakan apa-apa saja yang berkenaan dengan jalannya program selama ini, khususnya di periode ke-7 sekarang. Berbagai kemeriahan terjadi pada saat pengambilan gambar berlangsung. Sahut menyahut dan berbagai ke-isengan dari  sesama anggota sahabat air dan sanitasi mewarnai jalannya testimoni. Selain sebagai bahan evaluasi, kegiatan ini juga mampu merangsang kepercayaan diri sahabat air dan sanitasi untuk terbiasa berbicara mengemukakan pendapatnya melalui ruang publik. Meskipun mereka masih anak-anak, bukan berarti tidak memiliki hak untuk berpendapat. Justru dengan terbiasa mengemukakan pendapat sejak kecil, dapat mengembangkan karakter positif pada anak. Semua skill ini diajarkan dalam program sahabat air dan sanitasi. Sebab, tugas utama mereka sebagai agen perubahan adalah mengkampanyekan ajakan melestarikan lingkungan kepada siapa saja dan dimanapun mereka berada.

IMG-20160314-WA0016           IMG-20160314-WA0014
      Testimoni dari SDN Tegal Alur 04 Pagi                      Testimoni dari SDN Pasar Minggu 06 Petang

    Keinginan untuk melihat lingkungan sekitar terbebas dari masalah sampah adalah salah satu pendapat yang mereka utarakan sebagai harapan terhadap adanya program ini. Selain itu ada juga yang berpendapat pentingnya menjaga kelestarian air adalah tugas kita bersama jika kita masih ingin menikmati air bersih di masa yang akan datang.

IMG-20160314-WA0015          IMG-20160314-WA0017
        Testimoni dari SDN Rawa Bunga 01 Pagi                             Testimoni SDN Cipinang Besar Utara 10 Pagi

Berbagai pendapat dan kesan-kesan selama mengikuti program menjadi semangat tersendiri bagi mereka untuk tetap akan melanjutkan kebiasaan dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan meskipun program ini telah berakhir nantinya. Semangat menjadi agen perubahan yang aktif, kreatif dan inovatif seperti pada janji SAS yang mereka ikrarkan terus akan tersimpan dalam memori mereka hingga dewasa kelak. Dan testimoni yang membekas inilah yang nantinya akan menjadi pengingat mereka untuk terus melestarikan lingkungan sampai kapanpun.

IMG-20160314-WA0018
                                  Rekaman pengucapan janji SAS dari SDN Kebon Kososng 11 pagi

0 komentar:

Posting Komentar