Selasa, 29 Maret 2016

Kampanye Seru di Lingkungan Sekolah Komplek

Beberapa waktu lalu tepatnya tangaal 17 November 2015, sahabat air dan sanitasi (sas)  SDN Kebon Manggis 03 Pagi melakukan kampanye di sekolahnya. Setelah masa pendampingan materi air selesai diberikan, sas membagikan informasi seputar air yang telah diketahui kepada masyarakat sekolah melalui kampanye.

IMG-20160310-WA0007
                                                                    Pembukaan kampanye tentang air

Dalam kampanyenya, sas menjelaskan tentang manfaat air, proses siklus air, cara mengolah air dan juga tentang pelestarian air. Setelah memberikan penjelasan, sas mengajak audiens untuk menyanyikan lagu bertema air bersama-sama.

IMG-20160310-WA0006            IMG-20160310-WA0002
          SAS sedang menjelaskan tentang siklus air                            SAS sedang melempar pertanyaan pada siswa lain

Kampanye yang dilakukan kali ini tampak berbeda dari sebelumnya karena melibatkan beberapa sekolah lainnya. Lokasi sekolah yang unik, yakni berada di komplek sekolahan, dimana dalam satu lingkungan terdapat lima sekolah sekaligus yang sangat berdekatan, membuat kondisi ini menjadi sangat efektif bagi sas dalam memaparkan materi kampanye dengan lebih leluasa. Dengan sasaran yang lebih luas maka lebih banyak yang akan mendapatkan informasi mengapa pelestarian air harus digalakkan sedini mungkin. Sekolah lain yang terlibat diantaranya adalah SDN Kebon Manggis 01, 05, 13 dan 14.

IMG-20160310-WA0005         IMG-20160310-WA0003   
Masyarakat  sekolah  dari  4 sekolah sekitar SDN Kebon Manggis    Menyimak serius kampanye siklus air
                                                  
Kampanye dilaksanakan seusai senam masal yang diadakan sekolah sekali sepekan. Momen ini digunakan untuk memudahkan pengkondisian seluruh siswa yang ada di sekolah tersebut. Setelah menggelar kampanye di lapangan utama komplek sekolah, sas kembali masuk ke kelas-kelas untuk mengajarkan yel-yel dan nyanyian seputar tema pelestarian air agar materi yang diberikan mudah di-ingat dan diaplikasikan.  Semoga semakin banyak agen perubahan lingkungan cilik yang sadar dan bergerak melakukan aksi nyata melestarikan air karena terinspirasi dari kampanye yang telah mereka lakukan. Good Job SAS Kebon Manggis 03!

0 komentar:

Posting Komentar