Minggu, 28 Juni 2015

Pelatihan Sahabat AIr & Sanitasi Periode ke 6 (2014-2015)

Pelatihan Sahabat Air dan Sanitasi Periode ke-6 (2014-2015)

Program Sahabat Air dan Sanitasi (SAS) adalah sebuah program yang bertujuan untuk menciptakan agen-agen perubahan cilik yang perduli terhadap pelestarian lingkungan dan juga sanitasi.
Antusias yang begitu besar terhadap program ini membuat penyelenggara program yaitu FORKAMI (Forum Komunikasi Pengolahan Air Minum Indonesia) dibantu oleh pihak donor Johnson-Johnson dan Kedutaan Besar Jepang menyelenggarakan sebuah pelatihan khusus di awal program, untuk para peserta periode ke-6 yang terdiri dari 36 sekolah dasar se-DKI Jakarta,  dengan formasi 5 siswa sahabat air dan sanitas terpilih, 1 guru pendamping dan juga 1 kepala sekolah pada tiap sekolah.

 IMG_2429 IMG_2413          

“Pelatihan Sahabat Air & Sanitasi 2014-2015” diselenggarakan pada hari Sabtu, 20 September 2014 dengan tujuan memberikan kesamaan persepsi terhadap program, sehingga program dapat berjalan dengan maksimal di masing-masing sekolah. Acara pelatihan diadakan dengan memisahkan ruangan pelatihan antara siswa SAS dan kepsek + guru pendampingnya. Hal ini dilakukan agar pemberian materi pelatihan dapat tepat sasaran sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Sesuai dengan tema besarnya yang bertajuk “Bergerak Bersama Sahabat Air & Sanitasi Sebagai Agen Perubah Lingkungan”, untuk pelatihan siswa SAS kali ini menyajikan serangkaian kegiatan gruping (kelompok) yang diantaranya adalah berbagai games motivasi yang meningkatkan nilai kerjasama dan kepemimpinan, proyek diorama yang bertemakan sub materi pendampingan (seperti: toilet sehat, kantin sehat, siklus air, pengolahan sampah,dll) serta  
IMG_2484    IMG_2505   IMG_2488        kampanye dengan berbagai media yang telah disediakan panitia (seperti lembar balik, kartu jalur, boneka puppet dan juga berbagai topi dengan karakter pohon, bumi, air, tempat sampah, lalat, kuman, dll) Diharapkan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan pada pelatihan ini, para siswa SAS memiliki bekal untuk menjalankan program yang akan berlangsung di sekolahnya.
Di ruangan terpisah peserta kepala sekolah dan guru pendamping juga mendapatkan pelatihan dengan metode dan konsep yang berbeda. Masih dengan semangat untuk menjadi agen perubah lingkungan, pelatihan ini di isi oleh komunitas peduli lingkungan Transformasi Hijau atau biasa dikenal dengan Trashi. Tiga orang perwakilan dari Trashi berusaha untuk membuka wawasan para peserta agar dapat berperan aktif dalam mendukung program sahabat air dan sanitasi secara keseluruhan di sekolahnya masing-masing. Info yang disampaikan oleh Trashi antara lain adalah pengalaman dalam membina sekolah-sekolah yang aktif sebagai “sekolah hijau” (sekolah yang ramah lingkungan) dan juga mengenai bagaimana caranya mengelola berbagai macam sampah/ barang bekas menjadi barang baru yang bermanfaat .

 IMG_2393 IMG_20140920_105650  GOPR1252_1412309737049_high   

Akhirnya acara ini pun ditutup dengan menuliskan harapan serta aksi yang akan peserta lakukan untuk menjadi agen-agen perubah lingkungan ke depannya.

0 komentar:

Posting Komentar