Kamis, 25 Juni 2015

Pelatihan Duta Air & Sanitasi (2010)

PELATIHAN DUTA AIR & SANITASI (2010)

Pelatihan Duta dan Guru dilakukan pada tanggal 10 Februari 2010 di Universitas Trisakti Jurusan Teknik Lingkungan. Pelatihan Duta dilaksanakan dengan tujuan untuk memantapkan materi air dan sanitasi yang telah diberikan sebelumnya pada pendampingan dan jamboree melalui permainan-permainan yang menyenangkan, diantaranya melalui media film dan games jalur perpindahan kuman. Media film yang ditayangkan berisi materi mengenai air dan kesehatan lingkungan (sanitasi) yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai film yang telah ditonton.

Kemudian dilanjutkan dengan Tanya jawab parsipatori untuk menggali insight duta terhadap tugas sebagai agen perubahan di sekolahnya, sifat yang harus dimiliki seorang duta dan sikap yang tepat sebagai seorang duta.


Materi jalur perpindahan kuman diberikan melalui games menyusun potongan-potongan gambar yang berisi pesan tentang jalur perpindahan kuman dimana Duta kemudian mempresentasikan hasil penyusunan gambar tersebut kepada kelompoknya masing-masing.


Setelah itu, Duta berlatih untuk kegiatan kampanye di sekolahnya masing-masing dengan cara melakukan kampanye di hadapan Duta dan peserta pelatihan lain yang hadir. Diharapkan dari latihan kampanye ini, Duta akan lebih lancar dan percaya diri saat berkampanye di hadapan teman-teman mereka di sekolahnya.

PC020240Kegiatan pelatihan Duta Air & Sanitasi ini ditutup dengan pembagian pohon harapan, dimana setiap sekolah mendapatkan pohon yang bisa ditanam disekolah setelah sebelumnya para duta menulis harapan tetang pelestarian air serta peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat yang akan diterapkan disekolahnya. Lalu dilanjutkan dengan pembacaan ikrar duta, untuk memberikan semangat dan menginternalisasi tugas seorang duta agar berhasil menjadi agen perubahan di lingkungan sekolahnya.

0 komentar:

Posting Komentar