Kamis, 25 Juni 2015

Liputan DAI TV : Jambore SAS Periode ke 5 (2013-2014)

Jambore SAS Periode ke-5 (2013 – 2014)

    Pagi itu di awal bulan Januari 2014, aula Sarbini Taman Bunga Wiladatika dipenuhi oleh ratusan sahabat air dan sanitasi beserta guru-guru dan para kepala sekolah dari 36 sekolah dasar se-DKI Jakarta. Setelah menndaftar ulang di meja registrasi yang berada di depan pintu masuk, mereka menitipkan tas dan bawaan yang lain kepada kakak panitia yang bertugas merapikan tas sesuai dengan kelompok kamar. Hal ini agar lebih memudahkan teman-teman SAS untuk mengikuti acara dengan teratur dan rapi, sekaligus memudahkan saat waktu perpindahan ruangan dari aula menuju kamar masing-masing setelah acara pembukaan Jambore SAS periode 5 dibuka. Ya, betul sekali. Hari itu, mereka sedang mengikuti kegiatan akhir program yaitu jambore. Tak terkatakan bagaimana mereka begitu bersemangat menantikan acara ini sejak masa-masa pendampingan. Berbagai pertanyaan sehubungan dengan jambore kerap muncul untuk mencari tahu apa yang akan mereka lakukan pada saat kegiatan itu tiba. Dan, tepat hari H berlangsung, mereka terlihat sangat menikmati momen demi momen sejak pembukaan hingga penutupan.
    Jambore SAS periode ke-5 tahun 2013-2014 dibuka secara resmi oleh perwakilan Dinas Pendidikan Bpk.Joko Sugiarto. Dalam sambutannya, Pak Joko berpesan agar teman-teman SAS tetap melanjutkan aksinya dalam melestarikan air dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena harapan bangsa di masa depan terletak pada generasi hari ini, yaitu salah satunya sahabat air dan sanitasi.

                                IMG_0131

    Setelah pembukaan, berbagai performance yang bertemakan materi-materi tentang air dan sanitasi secara bergantian ditampilkan dari atas panggung. Selain menampilkan bermacam kreatifitas, ada pembagian hadiah dari beberapa lomba yang diadakan pada saat masa-masa pendampingan, seperti lomba penulisan laporan kunjungan Palyja, lomba pembuatan pupuk Takakura dan juga lomba mading. Di luar aula utama, terdapat pameran hasil karya teman-teman SAS yang terdiri dari mading, hasta karya dan juga beberapa media pendampingan dan kampanye.

         IMG_0239          IMG_0233           IMG_0263  

    Pada hari kedua, ada pemisahan kegiatan antara siswa SAS dan guru. Teman-teman SAS diberikan kegiatan permainan berkelompok yang dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai agen perubahan, sementara para guru mengikuti pelatihan tentang cara memanfaatkan lahan sekolah yang ada untuk penghijauan yang disampaikan oleh komunitas Ayo Berbagi.

     IMG_0219       IMG_0120          IMG_0126

    Acara ditutup dengan pembagian hadiah lomba permainan berkelompok dan juga sertifikat. Selain itu sebagai penutup teman-teman SAS secara bersama-sama mengucapkan ikrar SAS sebagai penguatan aksi yang akan mereka lakukan seusai jambore periode ke-5 ini.

                                 IMG_0198

0 komentar:

Posting Komentar