Minggu, 28 Juni 2015

Liputan Dai TV : Jambore SAS Periode ke 5

Jambore SAS Periode-5; Kegiatan Penutup Program Yang Diliput oleh DAAI TV
   
    Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan program sahabat air dan sanitasi, seluruh siswa SAS berkumpul bersama selama dua hari semalam untuk mengikuti kegiatan jambore sahabat air dan sanitasi. Di periode ke-5 ini tepatnya pada bulan Januari 2014,  DAAI TV ikut bergabung  meliput jalannya acara dari awal hingga akhir. Keseruan dan  semangat para siswa SAS membuat suasana jambore menjadi semakin  meriah. Berbagai kegiatan edukatif yang menyenangkan dikemas untuk memantapkan materi yang sudah pernah diberikan dan untuk  menjadi bekal terakhir bagi para siswa SAS, dalam meneruskan misinya sebagai agen perubahan di lingkungannya kelak.
                                        

    Kegiatan jambore periode-5 ini dibuka oleh Bpk.Joko Sugiarto perwakilan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Dalam wawancara bersama DAAI TV, Pak Joko mengapresiasi program SAS ini dengan baik. Menurut beliau program ini telah berhasil membentuk perilaku peduli lingkungan pada siswa SAS di beberapa sekolah yang pernah beliau datangi secara acak. Hal ini terbukti dari terjaganya lingkungan dan sarana sanitasi di sekolah tersebut. Beliau berharap para siswa tidak hanya sekedar tahu tentang apa itu pelestarian air, lebih penting lagi mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, beliau juga mengajak kita semua untuk sama-sama memberikan contoh perilaku peduli lingkungan secara nyata kepada anak-anak atau generasi masa depan, karena hanya dengan keteladanan lah sebuah nilai akan lebih tertanam dalam kehidupan sehari-hari.

                                                

    Setelah acara dibuka secara resmi, tibalah waktunya siswa SAS mempertunjukkan bakat dan kreatifitasnya dalam berbagai penampilan yang isinya mengkampanyekan materi-materi sehubungan dengan air dan sanitasi. Beberapa penampilan diantaranya adalah pertunjukkan drama, boneka tangan, lagu-lagu, dan juga role play tentang seorang reporter yang sedang meliput kondisi kekurangan air disebuah desa yang berada di Nusa Tenggara Timur.

              

Selain itu, di luar aula juga terdapat display pameran berbagai macam kreatifitas mading dan hasta karya yang dibuat dengan menggunakan barang bekas. Disalah satu booth pameran juga terdapat berbagai contoh media pendampingan dan kampanye seperti poster, boneka tangan, lembar balik, dll.

                                                      

Tak berhenti sampai disitu, pada sore harinya, siswa SAS dan guru pendamping dilibatkan dalam berbagai permainan edukatif yang didalamnya mengandung pesan-pesan pelestarian lingkungan serta pesan-pesan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan. Annisa, seorang sahabat air dan sanitasi mengaku sangat senang dapat mengikuti acara ini dari awal hingga akhir, ia banyak mendapat teman baru dan info lengkap mengenai masalah seputar air dan sanitasi.


            



                                            


    Dengan adanya liputan secara keseluruhan kegiatan jambore air dan sanitasi dari DAAI TV, maka akan memberi kesempatan pada masyarakat umum lainnya untuk mendapatkan informasi bahwa sebuah aksi nyata untuk melestarikan lingkungan dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun tanpa dibatasi ruang dan waktu. Semakin banyak kita melakukan aksi nyata maka akan semakin banyak pula yang dapat ter-inspirasi untuk melakukan hal yang sama saat ini ataupun nanti.

0 komentar:

Posting Komentar