Minggu, 21 Juni 2015

Kunjungan Wakil Kedubes Jepang (EoJ) Tahun 2015

Kunjungan Wakil Kedubes Jepang (EoJ) Tahun 2015
Bapak Ishugure
Kunjungan donor wakil Kedubes Jepang yang biasa dilakukan oleh Bpk.Yamada Fuminori, untuk periode SAS 2014-2015 digantikan oleh Bpk.Ishugure Hirotaka karena ada pergantian posisi di kedubes Jepang tiap dua tahun sekali. Kunjungan diadakan pada tanggal 23 Maret 2015, kali ini ada 3 sekolah yang akan dikunjungi yaitu SDN Slipi 11 Pg Jakarta Barat, SDN Jati Padang 05 Pg Jakarta Selatan dan SDN Cibubur 03 Pg Jakarta Timur. Ke tiga sekolah tersebut dipilih berdasarkan peningkatan perubahan pengetahuan dan perilaku muridnya berdasarkan kuesioner dan post test juga agar ada keterwakilan sekolah peserta program SAS di tiap wilayah Jakarta. Namun sayangnya karena saat kunjungan bersamaan dengan diadakannya Try Out kelas 6 di wilayah sekolah daerah Jakarta Pusat dan Timur, maka kunjungan di wilayah tersebut di tiadakan.


Disekolah pertama yaitu SDN Slipi 11 Jakarta Barat, menampilkan kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam bentuk nyanyian salah satu judul lagunya adalah 7 Habbits for Clean and Healthy Life yang mengajak orang untuk menerapkan 7 PHBS seperti (mandi 2 x sehari, keramas, sikat gigi, memotong kuku tangan dan kaki, makan-makanan bergizi, cuci tangan pakai sabun dan BAB serta BAK di toilet) dan aksi Gerakan Cuci tangan pakai sabun yang ditampilkan oleh SAS bersama murid kelas 3-5. Kemudian Bpk.Ishugure melihat bantuan yang telah diberikan program seputar fasilitas air dan sanitasi didampingi kepala program SAS, Noviyanti. Kemudian berbincang dengan SAS juga Kepala Sekolah tentang manfaat program SAS bagi mereka dan sekolah.


Lanjut ke sekolah kedua SDN Jatipadang 05 Pg, disekolah ini SAS bersama teman-temannya menyambut dengan lagu Hemat Air. Kemudian SAS menampilkan presentasi proses siklus air dengan menggunakan boneka dan topi karakter yang menjadi salah satu andalan media kampanye dalam program SAS, Bpk.Ishigure terlihat menikmati dan kagum akan presentasi tersebut. Dilanjutkan dengan keliling melihat fasilitas air dan sanitasi, SDN Jatipadang termasuk yang banyak mendapat bantuan perbaikan sanitasi yang utama adanya pemasangan septictank biofil disekolah ini karena sebelumnya pembuangan langsung diarahkan ke sungai yang ada di belakang sekolah.


Disekolah yang terakhir yaitu SDN Cibubur 03 Pg Jakarta Timur, Bpk. Ishigure disambut dengan nyanyian tentang sampah oleh SAS bersama teman-teman dari kelas 3-5. Salah satu judul lagunya adalah I Love Clean yang mengajak tiap orang untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya dan sesuai jenisnya serta memberitahukan bahwa sampah organic dapat diolah menjadi pupuk kompos sedangkan sampah anorganik dapat diolah menjadi hastakarya. Lalu berkeliling melihat fasilias air dan sanitasi, Bpk. Ishigure sempat berbincang dengan penjaga kantin seputar penjualan jajanan sehat dilingkungan sekolah. Dilanjutkan dengan praktek pembuatan pembatas buku serbaguna secara bersama dan praktik pembuatan pupuk kompos oleh SAS dengan teknik keranjang Takakura. KUnjungan ditutup dengan acara makan siang bersama yang telah disediakan oleh pihak sekolah.













Baik Bpk.Ishigure maupun pihak sekolah yang dikunjungi keduanya merasa senang akan adanya program SAS yang membantu untuk menciptakan Agen Perubahan disekolah dampingannya. Beliau berharap pihak sekolah dapat melanjutkan segala bentuk aktifitas ataupun kebijakan yang terus mendukung peningkatan pelestarian air dan PHBS, serta merawat bantuan fasilitas yang telah diberikan agar bisa terus bermanfaat. (dw/Forkami).

0 komentar:

Posting Komentar