Minggu, 28 Juni 2015

Jambore SAS periode ke 6 (2014-2015)

Jambore SAS sebagai penutup kegiatan periode ke-6 (2014 - 2015)

    Setelah melewati berbulan-bulan masa pendampingan dan kampanye seluruh materi Sahabat Air dan Sanitasi (SAS), akhirnya jambore SAS digelar. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai puncak program sahabat air dan sanitasi, dimana untuk terakhir kalinya seluruh siswa SAS, kepala sekolah dan juga guru pendamping yang terlibat dalam program ini bertemu dan beraktifitas secara bersama-sama selama dua hari semalam. Bertempat di taman bunga Wiladitaka pada tanggal 27-28 Januari 2015 (Selasa-Rabu), ±180 siswa-siswi SD dan 72 kepsek dan guru pendamping dari 36 sekolah dasar se-DKI Jakarta berbaur melakukan sejumlah aktifitas yang berhubungan dengan pelestarian air dan sanitasi.

    IMG_20150127_122349                IMG_20150127_085650

    Acara dibuka oleh perwakilan dari dinas pendidikan DKI Jakarta, dilanjutkan dengan testimoni dari 5 sekolah inspiratif dan juga aksi siswa SAS dalam berbagai macam performance seperti:  pertunjukkan drama tentang air dan sanitasi, vokal grup dan kampanye tentang cuci tangan pakai sabun, roleplay reportase tentang kondisi sebuah desa yang kekurangan air hingga panggung boneka yang menceritakan bahayanya membuang sampah sembarangan. Tepat jam 12, acara pembukaan ditutup dengan sesi foto bersama. Setelah itu seluruh peserta dipersilahkan memasuki kamarnya masing-masing dan beristirahat sejenak untuk kembali lagi berkumpul di aula utama pada pukul 14.00 wib.
    Sesuai dengan jadwal acara yang telah ditentukan, sebagai penutup kegiatan hari pertama, para peserta berkumpul kembali untuk melakukan kegiatan kelompok yang melibatkan siswa SAS, kepala sekolah dan guru pendamping. Kegiatan yang dilakukan berupa pembuatan proyek penjernihan air, proyek hasta karya dan juga proyek pembuatan taman mini. Dari seluruh peserta yang hadir dibagi menjadi 12 kelompok kerja yang mengerjakan proyek yang berbeda sesuai dengan 3 tema besarnya.

IMG_3187 IMG_3190 IMG_3191   

    Pada hari kedua kegiatan dilaksanakan secara terpisah. Siswa SAS masih terlibat dalam permainan kelompok sedangkan kepala sekolah dan guru pendamping mengikuti sesi training motivasi “capacity building” bersama Kang Zein dari komunitas Spiritual Sinergi Semesta. Harapan dari diadakan training ini agar peserta (khusunya kepala sekolah) termotivasi meneruskan program ini bersama masyarakat sekolah dan sekitarnya secara mandiri meskipun program sahabat air dan sanitasi periode ke-6 ini telah berakhir.

IMG_3292  IMG_3295  IMG_3331

    Setelah masing-masing kegiatan selesai, acara di tutup dengan pembagian goodie bag + sertifikat dan juga pembacaan janji SAS oleh seluruh peserta. Tampak semangat yang menggebu saat pengucapan janji seolah mengisyaratkan setelah selesai mengikuti jambore ini mereka akan siap untuk menjadi agen-agen perubahan lingkungan dan menularkannya kepada siapa saja dimanapun mereka berada. Bravo Sahabat Air dan Sanitasi, lestari airku - lestari bumiku, sehat diriku – sehat lingkunganku.

0 komentar:

Posting Komentar