Minggu, 28 Juni 2015

Jambore SAS Periode ke 3 (2011-2012)

Jambore SAS Periode 3 (2011-2012)
DSC04309    Pada tanggal 25-26 Juni 2012 jambore Sahabat air dan Sanitasi bertajuk “ SAS Cinta Bersih, Sehat dan Ramah Lingkungan” sukses digelar selama 2 hari. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan program “Sahabat Air dan Sanitasi” periode ke-3. Sebanyak 120 siswa sekolah dasar dan 48 kepala sekolah beserta guru pendamping se-DKI Jakarta hadir untuk mengikuti acara jambore tersebut. Acara yang ini dihadiri oleh sejumlah undangan seperti perwakilan dari POKJA AMPL, perwakilan Kedutaan Besar Jepang, perwakilan dari PT. Johnson-Johnson dan perwakilan dari Dinas Kesehatan. Secara bergantian pewakilan dari berbagai instansi memberikan sambutan di acara tersebut, dan  tepat pukul 09.00 wib, acara dibuka oleh bapak Abdullah Muthalib selaku ketua umum FORKAMI (Forum Pengelolaan Kualitas Air Minum Indonesia), yang merupakan induk dari Program Sahabat Air dan Sanitasi.   
DSC04370    Setelah dibuka secara resmi, rangkaian acara demi acara berjalan dengan lancar. Pada sesi awal antara pukul 9.30 sampai dengan 12.00, acara diawali dengan penyematan PIN SAS kepada beberapa perwakilan SAS sebagai simbol seorang agen perubahan. Setelah itu, berbagai macam sajian kreatifitas dari siswa SAS ditampilkan. Dari pertunjukkan drama,berbagai macam yel-yel masing-masing sekolah, dan ada juga lagu-lagu yang berisikan tema-tema air dan sanitasi. Setelah semua aksi selesai digelar, siswa SAS diberi kesempatan untuk masuk ke kamar masing-masing dan beristirahat sejenak. Tepat pukul 14.00 wib mereka dikumpulkan kembali di aula untuk mengikuti acara selanjutnya.                          
DSC04382Pada sesi dua, siswa SAS disuguhi oleh penampilan dongeng bertema tentang pelestarian air yang dibawakan oleh Kak Pita, salah seorang fasilitator. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemutaran film tentang sulitnya mendapatkan air bersih disebuah desa terpencil. Film ini merupakan film dokumenter pemenang lomba pembuatan film dokumenter yang diselengarakan oleh FORKAMI beberapa waktu silam. Pada akhir sesi dua ini, acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba tiga sekolah terbaik, yang telah berhasil membuat taman tanaman TOGA sebagai bentuk aksi penghijauan di lingkungan sekolahnya.
DSC04510    DSC04432
Namun demikian, malam harinya mereka berkumpul lagi untuk mengikuti acara api unggun. Dalam acara ini, siswa SAS diminta menuliskan segala bentuk kekhawatirannya terhadap program ini ke depannya dalam secarik kertas. Setelah itu, kakak fasilitator memberikan motivasi agar siswa SAS mampu melewati segala kekhawatirannya. Untuk itu, sebagai simbol kertas yang berisikan kekahwatiran tersebut diminta untuk dilemparkan pada api unggun yang menyala sehingga apa yang semula menjadi kekhawatiran dapat ditinggalkan saat itu juga dan digantikan dengan semangat baru menjadi agen perubahan. Untuk memperkuat itu semua, sebagai penutup acara api unggun, mereka bersama-sama meng-ikrar kan diri untuk melakukan perubahan dimulai dari diri sendiri.
DSC04677    DSC04709       DSC04749
    Hari kedua, siswa SAS kembali di uji dalam berbagai permainan OUTBOND. Secara berkelompok mereka diarahkan untuk meningkatkan pembangunan karakter mereka seperti : kerjasama, disiplin, kepemimpinan, tanggung jawab, kekompakkan, dll. usai sudah serangkaian acara jambore digelar. Harapan ke depannya mereka akan hadir dalam semangat yang baru sebagai agen perubahan lingkungat yang aktif dan kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar