Kamis, 25 Juni 2015

Jambore Duta Air & Sanitasi (2010)

Jambore Air dan Sanitasi dilaksanakan pada tanggal 13-14 Januari 2010 di Taman Buah Mekarsari dengan 80 orang Duta dan 29 Guru/Kepala Sekolah. Tujuan dari adanya jambore ini yaitu untuk mempererat  hubungan antar Duta masing-masing sekolah (untuk saling mengenal Duta masing-masing sekolah) sehingga diharapkan dari sini para Duta lebih bersemangat dan merasakan bahwa kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan sekolah lain sehingga mereka lebih terpacu untuk mengimplementasikan program ini di sekolah. Hari pertama jambore diisi oleh pembukaan dari perwakilan Dinas Pendidikan DKI Jakarta dimana Dinas Pendidikan DKI Jakarta menegaskan dukungannya terhadap Program Duta Air dan Sanitasi ini. Setelah itu diadakan pencairan suasana antar peserta jamboree sebelum Duta diberikan materi pelatihan mengenai motivasi dan percaya diri.

Pelatihan mengenai motivasi dan percaya diri ini penting diberikan karena untuk menjadi seseorang yang diharapkan mampu menyampaikan informasi tentang air dan sanitasi kepada teman-temannya maka pertama-tama mereka harus mempunyai kepercayaan diri dan motivasi yang besar. Selain itu Duta juga diberikan dirangsang rasa kepeduliannya terhadap air, sanitasi, dan lingkungannya melalui metode diskusi, permainan, dan menonton film.

Hari kedua jamboree diisi dengan berolahraga dan outbound, dimana Duta dilatih untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakannya dengan Duta lainnya, serta bersama untuk memcahkan masalah yang mungkin muncul dalam mengimplementasikan kegiatan mereka di sekolah nanti. Sebelum acara berakhir, masing-masing sekolah membuat Rencana Tindak Lanjut yang akan diterapkan masing-masing sekolah setelah acara jamboree.

0 komentar:

Posting Komentar