Senin, 25 Mei 2015

Sahabat Air dan Sanitasi di Pasar Seni ITB

Mengkampanyekan pelestarian air serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sudah menjadi tugas pokok para Sahabat Air & Sanitasi, hal itu dilakukan tidak hanya dilingkungan sekolah tetapi juga dilingkungan luar sekolah seperti saat Acara Pasar Seni ITB. Acara ini dibuat oleh para alumni Universitas ITB yang berlangsung dari tanggal 3-5 November 2013 di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta. Acara ini bertujuan menjadi wadah masyarakat berinteraksi dalam seni yang banyak mengangkat permasalahan sosial, seperti masalah lingkungan.


Sejalan dengan hal itu Forkami mendapat undangan untuk ikut berpartisipasi menjadi peserta acara tersebut dengan menampilkan kampanye SAS dalam bentuk Phuppet Show yang dibawakan oleh perwakilan SAS dari SDN Kemanggisan 03 Pg (hutanku sumber airku) dan SAS SDN Cengkareng Timur 22 Ptg (Sampah tanggung jawab bersama). Para pengunjung terlihat antusias menyaksikan penampilan SAS tersebut, bahkan dari rencana hanya 1 kali tampil dipanggung bertambah menjadi 2 kali sementara 1 kali lagi phuppet show tampil di stand forkami sendiri.



Selain itu Forkami dipersilakan untuk mengisi 1 stand yang digunakan sebagai media publikasi dan sosialisasi dari kegiatan SAS itu sendiri. Tim forkami merancang Stand tersebut untuk dapat berinteraksi dengan pengunjung Pasar Seni, maka dibuatlah buku tamu dengan konsep Pohon Pelestarian dimana para pengunjung dapat mengisi biodata singkat beserta harapan atau ide bagaimana cara untuk melestarikan air, kemudian Photo Bhoot para pengunjung dapat berpartisipasi mengkampanyekan pelestarian air dan PHBS dalam bentuk foto dengan menggunakan atribut topi karakter, boneka phuppet dan papan ajakan. Di dalam stand dipajang media pendampingan SAS seperti poster, lembar balik, Ular Tangga Raksasa dan hastakarya dari hasil pengolahan sampah anorganik. Acara ini kami sangat manfaatkan untuk mengajak masyarakat luas untuk turut serta melestariakan air serta membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat karena, Lestari Airku Lestari Bumiku, Sehat Diriku Sehat Lingkunganku. (dw/forkami)

0 komentar:

Posting Komentar