Senin, 25 Mei 2015

“Pentingnya Kualitas Air untuk Indonesia Sehat”

Peringatan Hari Air Dunia 2010 dengan tema “Pentingnya Kualitas Air untuk Indonesia Sehat” dilaksanakan di wilayah RW 03 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Peringatan ini dilaksanakan oleh berbagai pihak yaitu BPLHD bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian, SAR Manggarai dan Lenteng Agung, Badan Geologi, Unilever, Masyarakat Rawajati, AETRA, Program Duta Air dan Sanitasi (Forkami), Palyja, Coca-Cola, Sekolah Alam Ciliwung, dan Sekolah Al-Jannah.

Duta Air dan Sanitasi (SAS generasi pertama) sejumlah 80 anak yang berasal dari 16 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di DKI Jakarta ikut berpartisipasi dalam seluruh kegiatan Peringatan tersebut seperti demo analisis kualitas air dengan Water Test Kit, mengikuti lomba puisi, melukis dan mengarang, melakukan wawancara kepada Warga Rawajati terkait komposter, bersama warga membuat lubang biopori dan menanam pohon serta menonton film pemenang kompetisi film dokcumenter Forkami yang temanya tentang air dan sanitasi.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa air sebagai sumber kehidupan tidak boleh dicemari. BPLHD ingin mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kualitas air," ujar Kepala BPLHD Peni Susanti di RW 03 Kelurahan Rawajati,KecamatanPancoran, Jakarta Selatan.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto yang menghadiri acara tersebut mengharapkan agar kegiatan seperti ini tidak sekadar seremonial, tapi juga harus dilakukan seterusnya. "Semangat dan pesan moral dalam menjaga air harus dilakukan terus-menerus. Mulai hari ini lakukan yang terbaik untuk lingkungan," ujar Djoko Kirmanto.

Sebelumnya Duta Air dan Sanitasi tersebut mendapat pendampingan disekolahnya masing-masing selama kurang lebih 7 bulan. Pendampingan yang diberikan oleh Forkami dan LP3ES seputar perilaku yang bisa diterapkan untuk melestarikan dan menghemat air serta kaitannya anatar ketersediaan air bersih dalam pemenuhan (PHBS) perilaku hidup bersih dan sehat.(dw menyadur dari RDI/AMPL)

Sumber : Link Laporan AMPL

0 komentar:

Posting Komentar