Kamis, 28 Mei 2015

“Outing Activity di KSAN 2013"

Berbagai lembaga yang concern terhadap isu seputar permasalahan air dan sanitasi di Indonesia, telah bahu-membahu mengambil langkah kongkrit untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, dengan menciptakan kegiatan-kegiatan yang bersifat solutif . Salah satu nya dengan menyelenggarakan kembali Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2013 sebagai upaya advokasi sektor sanitasi dan air minum. Dengan tema besar “Sanitasi dan Air Minum untuk Indonesia Lebih Sehat”, KSAN telah menjadi salah satu agenda nasional sekaligus momentum untuk memperluas komitmen pembangunan air minum dan sanitasi bersama.

Acara yang dibuka oleh wakil mentri Perencanaan Pembangunan Nasional/ PPN ini berlangsung selama 3 hari 29-31 Oktober 2013 di Balai Kartini. Pada hari pertama, selain pembukaan secara resmi dan media interview, KSAN menyelenggarakan sejumlah talkshow dan diskusi mengenai isu seputar sanitasi dan air. Berbagai narasumber yang kompeten dilibatkan untuk memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang menjadi tema dalam diskusi-diskusi tersebut. Puluhan stand instansi terkait dibuka untuk memberikan informasi muthakir mengenai permasalahan sanitasi dan air. Letak stand-stand tersebut diatur sedemikian rupa menyerupai arus sungai dari hulu ke hilir untuk memberikan kejutan bagi pengunjung konfrensi tersebut. Tentu saja, perhelatan akbar ini juga menjadi momentum yang tepat bagi program sahabat air dan sanitasi. Dihari kedua, sahabat air dan sanitasi berkunjung menghadiri KSAN.

Berbagai materi yang telah diberikan oleh fasilitator pada saat pendampingan terdeskripsi dengan jelas pada sejumlah stand-stand yang ada di KSAN. Kegiatan diluar sekolah (Outing activity) ini menjadi media pembelajaran yang baik untuk memperkuat materi yang sudah diberikan. Selain berkeliling mengamati stand-stand, di awal hari kedua ini, sahabat air dan sanitasi juga diberi kesempatan untuk menampilkan kampanye di atas panggung utama dengan menggunakan boneka tangan. Cerita tentang pelestarian air menjadi tema yang sesuai dengan tema besar yang diusung oleh KSAN tahun ini. Selain itu, sahabat air dan sanitasi juga mengikuti lomba reportase yang diadakan oleh UN dengan mengangkat isu kelangkaan air di daerah Nusa Tenggara Timur. Sebelum diadakan lomba, salah satu fasilitator sahabat air dan sanitasi diminta untuk bercerita tentang kondisi yang ada di daerah tersebut dengan menggunakan media diorama.

Pada akhirnya di hari ketiga, KSAN ditutup dengan menghasilkan sejumlah rumusan kegiatan yang akan dijadikan program pembangunan sanitasi dan air pada masa selanjutnya. Dengan komitmen dan kesepakatan yang di hasilkan pada KSAN tahun 2013 ini, diharapkan segala permasalahan yang terjadi seputar sanitasi dan air dapat segera diatasi sehingga akan tercapai derajat kesehatan yang memadai bagi masyarakat dalam jangka waktu yang tidak lama lagi.

0 komentar:

Posting Komentar