Kamis, 28 Mei 2015

Kunjungan Asian Pacific Contribution Committee (APCC)

Pertengahan tahun 2013, tepatnya tanggal 16 Mei 2013, para perwakilan dari PT. Johnson-Johnson se-Asia Pasifik mengadakan kegiatan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan ini bertujuan untuk melihat langsung program-program yang dijalankan oleh PT.Johnson-Johnson Indonesia. Dari sekian banyak program yang di sponsori oleh PT Johnson – Johnson Indonesia, program Sahabat Air dan Sanitasi adalah program yang terpilih untuk dikunjungi oleh semua peserta kunjungan. Peserta kunjungan berasal dari beberapa negara se-asia pasific diantaranya Singapura, Thailand, China, Hongkong, Jepang, Korea, India, Philipina, taiwan, Vietnam, Malaysia dan ditambah dua negara di luar Asia Pasific yaitu dari Australia dan USA.

Acara kunjungan dilaksanakan di SDN Serdang 11 Pagi. Selain siswa SAS dari SD Serdang 11, ada beberapa sekolah peserta program SAS yang juga turut terlibat meramaikan kunjungan tersebut diantaranya SDN Al-Kenaniyah, SDN Pisangan Barat 11 Pagi, SDN Utan Kayu Selatan 09 Pagi dan juga SDN Tanjung Barat 10 Pagi. Tepat jam 08.00 Wib, rombongan perwakilan APCC tiba di lokasi dan disambut dengan pertunjukan marawis SDN Serdang 11 Pagi sebagai ucapan selamat datang. Setelah itu, para tamu acara kunjungan dipersilahkan untuk masuk menuju lapangan utama SDN Serdang 11 sebagai tuan rumah. Pada acara kunjungan ini, rombongan tamu disuguhi oleh beberapa penampilan atraktif dari teman-teman sahabat air dan sanitasi yang terlibat sebagai pendukung acara.

Rangkaian acara yang ditampilkan antara lain berupa: presentasi/penjelasan mengenai siklus air melalui gambar yang menarik, penjelasan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui nyanyian, pertunjukan boneka panggung bertema sanitasi air dan pembuatan hasta karya atau daur ulang dari barang bekas. Pada sesi pembuatan daur ulang, siswa sahabat air mengajak seluruh tamu undangan kunjungan untuk ikut berpartisipasi. Hal ini menjadi sangat istimewa karena pada kegiatan itulah para tamu berkesempatan langsung berbincang-bincang dengan sahabat air dan sanitasi. Percakapan sebagian besar tamu undangan kunjungan menggunakan bahasa Inggris. Perbedaan bahasa ternyata tak mengurangi antusias antara kedua belah pihak. Para tamu undangan kunjungan tak henti-hentinya bertanya seputar kegiatan sahabat air dan sanitasi sambil terus membuat prakarya daur ulang yang diajarkan oleh sahabat air dan sanitasi.

Pada akhirnya kegiatan kunjungan ini memberikan kesan yang tak dapat dilupakan baik oleh tamu undangan kunjungan maupun oleh sahabat air dan sanitasi itu sendiri. Semangat menjadi agen perubahan lingkungan sedini mungkin semakin melekat dengan diadakannya kunjungan ini. Terimakasih APCC atas kunjungannya, Sampai berjumpa dikunjungan lainnya!

0 komentar:

Posting Komentar