Rabu, 15 April 2015

film dokumenter 2



Thursday, March 20, 2008


Kompetisi Film Dokumenter FORKAMI

Kompetisi Film Dokumenter FORKAMI
Pemutaran Film dan Pameran
27 – 29 Maret 2008 
Pusat Kebudayaan Prancis di Jakarta (CCF Jakarta)
Jalan Salemba Raya no. 25 Jakarta Pusat 10440
http://forkami.blogspot.com 
www.ccfjakarta.or.id

Tidak ada yang dapat menyangkal pentingnya air bagi kehidupan di bumi. Sangat mudah menjabarkan relasi air dengan manusia. Air tidak hanya dipandang sebagai satu komponen mekanik dalam kehidupan manusia, namun juga dapat dilihat pada konteks sosial dan budaya. Air adalah salah satu komponen penting bagi terbentuknya peradaban dimuka bumi.
Sudah seberapa jauh kita dapat memahami air tidak hanya sebatas benda cair yang diminum, dipakai untuk memasak, mencuci pakaian, membersihkan kendaraan, atau sebagai rangkaian dua huruf dengan satu angka; H2O? Mungkin selama ini kita masih melihat air sebagai sumber yang maha tidak terbatas, ia tidak akan pernah habis maupun berkurang.
Inilah titik persoalan utamanya, cara pandang kita yang salah sama sekali. Seperti halnya bagaimana kita memperlakukan alam selama ini; eksploitatif, tanpa rasa hormat. Begitu pula dengan persoalan air. Kita memperlakukannya dengan sebuah privelese absolut, seolah tanpa batas.
Ditengarai kualitas air, terutama di kota-kota besar saat ini berada dikualitas yang mengkhawatirkan. Polusi, pengrusakan alam, serta manajemen air yang buruk adalah faktor-faktor yang menyebabkan menurunnya kualitas air, bahkan sampai pada pemusnahan eksistensi air itu sendiri.
Dan kita, adalah penyebabnya.
Dengan didukung oleh Water and Sanitation Network (Water), Thames PAM Jaya (TPJ), Environmental Service Program – United States Agency for International Development (ESP-USAID), dan PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), FORKAMI menyelenggarakan Kompetisi Film Dokumenter bertemakan; “Manusia dan Air” yang diselenggarakan mulai dari Oktober 2007. Kompetisi Film Dokumenter FORKAMI ini merupakan suatu bentuk kepedulian FORKAMI sebagai lembaga pemerhati air di Indonesia khususnya dalam bidang pengelolaan kualitas air minum dalam upayanya menyebarkan kepedulian terhadap pentingnya air sebagai sumber kehidupan kepada masyarakat luas.
Dengan adanya kompetisi ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat dan pihak-pihak lainnya akan realita mengenai eksistensi air di Indonesia serta hubungannya dengan perilaku dan eksistensi manusia. Sajian kondisi nyata mengenai eksistensi air dan hubungannya dengan perilaku dan eksistensi manusia di sekitarnya dirasakan sangat penting dalam membangkitkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama terlibat dalam segala macam upaya konservasi air.
Terpilih 11 karya dari 42 karya yang masuk ke meja panitia. Ke 11 karya tersebut akan disajikan dalam program pemutaran film bersama dengan film-film non kompetisi yang berbicara mengenai isu air. Sebagai bagian dari program, ditampilkan juga pameran dengan judul “MANUSIA & AIR”. FORKAMI bekerja sama dengan CCF Jakarta (Pusat Kebudayaan Perancis di Jakarta) dalam penyelenggaraan pemutaran film dan pameran poster ini.
Film-film yang lolos seleksi memperebutkan juara I, II, dan III dengan total hadiah 45 juta Rupiah. Film-film pemenang akan menjadi materi kampanye FORKAMI dalam program penyadaran mengenai pentingnya isu konservasi air.
Keterangan lebih lanjut:
Sekretariat FORKAMI:
Jl. Percetakan Negara no. 29 Gedung Konsultan lantai 2
Phone & Fax : 021 426 88 65
email: forkami@cbn.net.id
Ragil Priyo Atmodjo -081327062805
Email: kirara_desperate@yahoo.com
Anggie Rifki – 081519787222
Email: anggie_rifki@yahoo.com
Andjar - 0858 807 800 80 atau 021 921 77 353

Acara ini didukung oleh:
Water (Water and Sanitation Network) atau JAS (Jaringan Air dan Sanitasi), ESP-USAID (Environmental Service Program - United States Agency for International Development), TPJ ( Thames PAM Jaya), PALYJA (PAM Lyonnaise Jaya), Pusat Kebudayaan Prancis di Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar